background img

The New Stuff

Kenali Gejala Awal Serangan Jantung... Ini PENTING !!

serangan-jantung

DetikNyuus.com - Tak bisa di sangkal serangan jantung menjadi salah satu penyebab terbesar angka kematian di indonesia. Dari proses terjadinya pun biasanya mendadak alias tiba-tiba sehingga kurang dapat diprediksi secara pasti. Korbannya pun tak pilih-pilih loh, banyak kematian yang terjadi malah tidak memilih apakah dia sedang dalam keadaan sehat ataupun sakit. Gimana mengetahuinya ya?


Ternyata gejala awal serangan jantung tersebut bisa dikenali nih. Bisa dengan mengenalinya pada beberapa jam menjelang serangan, bisa juga beberapa hari sebelum serangan. Yang terburuk adalah denyut jantung yang tak lagi bekerja alias terhenti sepenuhnya.

Salah satu penyebab utama serangan jantung diantaranya adalah Jantung Koroner. Gejala awal yang bisa diperhatikan adalah adanya nyeri dibagian dada sedangkan gejala lainnya bisa dilihat dari irama nafas yang pendek, namun berbeda loh dengan serangan asma. Meskipun begitu, jika mengalami kedua gejala tersebut penting untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

Sebagai respon cepat saat terjadi serangan jantung, periksa denyut nadi dan nafas korban. Kemudian lakukan CPR atau RJP alias Pijat Jantung dengan cara mudah sebagai berikut :
  •  Posisi tangan harus benar, lengan tidak boleh menekuk
  • Tekanan minimal 5cm tegak lurus kebawah
  • Hitung kompresi/pijat dengan hitungan per 10x yaitu (1-10, 1-20, 1-30)
  • Setelah 30x kompresi, berikan 2 tiupan
  • Jika jantung mulai berdenyut dan dinding dada mengembang, hentikan CPR
  • Jangan lupa sambil melakukan CPR, panggil secepatnya petugas medis
So..investasilah kesehatan anda sebaik mungkin. Jaga pola makan, olahraga yang teratur akan mampu membuat tubuh kita menjadi aktif sehingga semua organ tubuh lebih bisa menjalankan fungsinya, ketimbang aktivitas anda hanya duduk, pelototin komputer, laptop atau smartphone yang mana malah menjadikan tubuh tentan dengan gejala penyakit jantung tersebut. (red)

0 comments:

Post a Comment